Indonesia Internet Exchange yang sering disingkat IIX adalah tempat berbagai layanan ISP (Internet Service Provide) saling terhubung satu sama lain. Tempat terhubungnya ISP tersebut juga banyak dimanfaatkan oleh berbagai penyedia internet yang ada di Indonesia, sebut saja seperti Telkomnet, CBN, Indosat M2 dan masih banyak lagi. Arti kata dari Exchange sendiri merupakan pertukaran, sedangkan internet (Interconnection Networking). Manfaat adanya IIX ini adalah memastikan bahwa sambungan internet di Indonesia jalurnya tidak mutar-mutar terlebih dahulu dari luar negeri dan baru sampai ke Indonesia. Menariknya, konsep dari penggabungan jalur ISP pada suatu wadah tersebut merupakan konsep yang baru ada di Indonesia.

IIX sendiri mempunyai sejarah yang cukup panjang dan tidak mungkin akan dilupakan begitu saja oleh para pengguna internet dan setiap orang yang terkait. Internet Exchange awalnya dibentuk APJII yang berupa amal dengan sifat yang sukarela. Tujuannya adalah lalu lintas yang dilakukan setiap ISP yang berada di Indonesia bisa menyatu secara keseluruhan. Selain bertujuan menyatukan ISP, tujuan lain dari IIX adalah membentuk suatu jaringan yang terkoneksi secara nasional dengan fasilitas serta kemampuan yang sudah disesuaikan oleh kebutuhan. Yang selanjutnya bisa langsung dioperasikan oleh ISP yang sudah mendapatkan izin untuk beroperasi dari Pemerintahan Indonesia.

Layanan ISP yang akan tersambung kedalam IIX ini tidak perlu membayar biaya pemasangan lebar pita yang digunakan. Namun hanya perlu membayar biaya pemasangan serat optik, sewaan dan juga jalur nirkabel yang digunakan. Sayangnya, biaya yang dipatok oleh IIX sendiri cukup berbeda yang disesuaikan dengan wilayah masing-masing. Misal, ISP di Jakarta bisa dipastikan akan lebih mudah dibandingkan ISP yang berada di berbagai wilayah lain selain di Jakarta. Bahkan harganya juga bisa berlipat ganda jika ISP tersebut berasal dari luar Jawa. Hal tersebut disebabkan karena biaya untuk sambungan fisiknya sendiri lebih mahal dibandingkan sambungan internasional. Internet Exchange ini bisa menjadi solusi terbaik bagi keterbatasan berbagai infrastruktur dalam negeri dan menjadikan biaya pengoperasian internet juga semakin murah.

Likes

Comments

Di dunia serba digital seperti saat ini, Anda pasti sudah tak asing dengan istilah digital merketing. Strategi pemasaran atau promosi dengan menggunakan layanan internet berupa website maupun media sosial memang sangat digemari belakangan ini. Dunia digital yang tak terbatas merupakan sebuah lahan yang tak terbatas untuk diakses. Siapapun dan dimanapun bisa mengaksesnya dengan mudah. Maka tak heran jika kemudian ketidakterbatasan dunia digital dimanfaatkan dengan baik, terutama oleh para pelaku bisnis. Dari situlah mulai bermunculan berbagai ide pemasaran dengan memanfaatkan peran teknologi digital dan akses internet.

Penggunaan teknologi digital sebagai media pemasaran yang saat ini sedang trend tentu didasarkan pada banyak hal. Para pelaku bisnis pasti memiliki latar belakang atau alasan mengapa menggunakan strategi pemasaran secara digital. Namun yang harus Anda tahu adalah alasan Anda harus menggunakan digital marketing ini. Pertama, Anda harus menggunakan strategi pemasaran ini adalah untuk menghadapi trend dan persaingan bisnis yang semakin ketat. Semakin banyaknya pebisnis baru yang bermunculan dengan segala inovasinya sudah pasti adalah saingan yang berat. Jika Anda juga tidak melakukan inovasi, bisa jadi Anda yang akan tergeser. Alasan kedua adalah untuk menjaga citra bagi bisnis Anda. Dalam menjalankan sebuah bisnis, yang paling penting adalah kepercayaan dari konsumen. Citra baik yang bisa Anda bangun dengan menjalankan strategi digital tentu akan meningkatkan kepercayaan konsumen pada Anda. Apalagi dengan adanya jaringan internet, baik citra baik atau buruk bisa dengan mudah tersebar di kalangan konsumen Anda.

Terlepas dari apapun latar belakang dari seorang pebisnis menggunakan jasa digital marketing , menggunakan jasa ini ternyata merupakan sebuah keharusan saat ini. Di dunia yang serba digital, untuk bisa mempertahankan eksistensi bisnis, Anda tentu juga harus bisa mengikutinya. Menggunakan metode pemasaran digital adalah salah satunya. Tidak hanya berbagai keuntungan yang akan Anda dapatkan, alasan mendasar di atas saja sudah cukup untuk Anda mulai mencobanya. Namun, Anda juga harus mengelola dengan baik digital media promosi Anda untuk bisa membuatnya berhasil.

Likes

Comments

Banyaknya bisnis berbasis online tentu membutuhkan perlakuan khusus. Para pelaku bisnis ini harus mengupayakan agar website tempatnya menjalankan bisnis bisa mudah dikenali oleh pengguna internet agar kemudian mudah untuk diakses. Namun untuk melakukannya diperlukan sebuah teknik yang rumit serta proses yang panjang. Sebuah teknik optimasi website atau yang lebih dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization) berperan penting dalam hal ini. Perannya yang begitu penting dan vital membuat banyak yang kemudian membuka dan menyediakan jasa SEO. Jasa yang menawarkan optimasi website ini kemudian banyak ‘dijajakan’ di internet. Namun Anda sebagai pemakai atau pengguna jasa juga harus teliti dalam memilih jasa. Jangan sampai Anda menjadi salah satu yang menjadi korban pihak tak bertanggung jawab. Untuk itu, Anda harus cermat dalam memilih jasa penyedia SEO yang tepercaya.


Langkah terbaik untuk menghindari penipuan jasa optimasi SEO adalah jangan mudah tertipu dengan berbagai tawaran SEO yang ada di internet. Meskipun satu-satunya sumber Anda mendapatkan informasi tentang penyedia jasa SEO adalah dari internet, namun Anda patut juga berhati-hati. Apalagi jika ada SEO yang menawarkan jasa dengan harga yang murah dengan proses yang cepat. Jasa SEO terpercaya akan selalu menerapkan transparansi dalam berbisnis. Semakin transparan proses yang dijalankan, semakin dapat dipercaya pula jasa tersebut. Sebab, Anda bisa memantau baik dari segi kinerja maupun pembayaran biaya jasa yang Anda gunakan. Dengan begitu resiko tertipu pun semakin kecil. Yang terakhir adalah kinerja yang diberikan. Sebuah jasa penyedia optimasi website akan lebih menunjukkan kinerja yang baik dibandingkan sekedar janji.

Semakin banyaknya penyedia jasa SEO page one di internet merupakan dua mata pisau yang harus Anda waspadai. Sebagai konsumen Anda tentu tak mau terluka oleh satu mata pisau bukan? Oleh karena itu, memilih jasa penyedia optimasi website harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Bukannya mudah memang memilih jasa optimasi website tepercaya diantara ribuan jasa yang ditawarkan di internet. Namun, jika Anda cermat, Anda pasti bisa menemukannya.

Likes

Comments